Alviana Ayu Salsabila 0shares AKSI NYATA TOPIK 4. PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA Read More Nama             : Alviana Ayu Salsabila Nim                : 23105260233 Mata Kuliah   : Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan Indonesia (Topik 6) AKSI NYATA No Alur Pembelajaran Pertanyaan Refleksi 1 Mulai Dari Diri Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? Jawab : Sebelum memulai proses pembelajaran tentang perspektif sosiokultural dalam pendidikan, saya memiliki pemahaman yang sederhana tentang bagaimana budaya dan lingkungan sosial mempengaruhi proses belajar-mengajar. Saya pikir bahwa pendidikan harus berorientasi pada kebutuhan dan konteks masyarakat, tetapi saya tidak memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana perspektif sosiokultural secara spesifik mempengaruhi strategi dan metode pembelajaran. 2 Eksplorasi Konsep Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? Jawab : Dalam topik ini, saya belajar tentang pentingnya memahami isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Saya memahami bahwa faktor-faktor ini sangat mempengaruhi kualitas pendidikan dan bahwa pendekatan yang berorientasi pada murid sangat penting. Saya juga belajar tentang teori Vygotsky dan zona perkembangan proksimal (ZPD), serta bagaimana konsep ini dapat digunakan untuk meningkatkan proses belajar-mengajar. 3 Ruang Kolaborasi Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? Jawab : Dalam ruang kolaborasi, saya belajar lebih lanjut tentang bagaimana menerapkan konsep ZPD dalam praktek pembelajaran. Saya melihat contoh-contoh praktis tentang bagaimana guru dapat memfasilitasi pembelajaran siswa dengan memahami zona perkembangan proksimal mereka. Saya juga mendiskusikan tentang bagaimana mengatasi tantangan dalam menerapkan teori Vygotsky di kelas, seperti perbedaan budaya dan individualisme yang mungkin ada di kalangan siswa 4 Demonstrasi Kontekstual Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)? Jawab : Dengan adanya demonstrasi saya bisa menambah ilmu dan mengetahui sudut pandang dari masing masing anggota kelompok mengenai isu-isu pendidikan yang ada, selain itu dalam demonstrasi kontekstual, saya melihat bagaimana teori Vygotsky dapat diterapkan dalam situasi nyata. Saya melihat video tentang kondisi pendidikan di daerah tertentu dan bagaimana faktor sosial dan budaya mempengaruhi proses belajar-mengajar. Saya juga belajar tentang pentingnya memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam konteks yang lebih luas. 5 Elaborasi Pemahaman Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini? Jawab : Yang saya pahami bahwa perspektif sosiokultural dalam pendidikan sangat penting untuk memastikan bahwa proses belajar-mengajar yang berorientasi pada kebutuhan dan konteks masyarakat. Saya juga memahami tentang teori Vygotsky dan zona perkembangan proksimal (ZPD), serta bagaimana menerapkan konsep ini dalam praktek pembelajaran. Saya telah belajar tentang pentingnya memperhatikan isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai? Jawab : Hal baru yang saya pahami adalah tentang bagaimana teori Vygotsky dapat diterapkan dalam situasi nyata dan bagaimana perbedaan budaya dapat mempengaruhi proses belajar-mengajar. Saya juga memahami bahwa menerapkan teori Vygotsky tidak hanya tentang menggunakan konsep ZPD, tetapi juga tentang memahami konteks sosial dan budaya yang melingkupi siswa. Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? Jawab : Saya ingin belajar lebih lanjut tentang bagaimana menerapkan teori Vygotsky dalam kelas yang berbeda-beda, seperti kelas yang memiliki siswa dari latar belakang budaya yang berbeda. Saya juga ingin memahami lebih lanjut tentang bagaimana mengatasi tantangan dalam menerapkan teori Vygotsky di kelas yang memiliki perbedaan individualisme yang kuat. 6 Koneksi Antar Materi Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain? Jawab : Dari koneksi yang ada saya memahami bahwa perspektif sosiokultural sangat berpengaruh dan berkaitan dengan mata kuliah lain, selain itu saya melihat bahwa konsep ZPD dapat digunakan dalam berbagai konteks pembelajaran dan bahwa memahami isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah sangat penting untuk memastikan bahwa proses belajar-mengajar berorientasi pada kebutuhan dan konteks masyarakat. 7 Aksi Nyata Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Jawab : Manfaatnya tentu menambah wawasan sebagai seorang calon guru agar nantinya bisa memberikan gambaran dan pemahaman mengenai multikulturalisme yang terjadi di lingkungan tempat mengajar dan mampu dalam memberikan layanan yang efektif Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Jawab : Saya menilai kesiapan saya saat ini sekitar 7. Alasannya adalah karena saya telah memahami dasar-dasar perspektif sosiokultural dalam pendidikan, tetapi saya masih perlu belajar lebih lanjut tentang bagaimana menerapkan konsep ini dalam situasi nyata dan mengatasi tantangan yang mungkin ada. Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal? Jawab : Untuk bisa menerapkan konsep perspektif sosiokultural dalam pendidikan dan teori Vygotsky dengan optimal, saya perlu belajar lebih lanjut tentang bagaimana menerapkan konsep ZPD dalam kelas yang berbeda-beda dan mengatasi tantangan dalam menerapkan teori Vygotsky di kelas yang memiliki perbedaan individualisme yang kuat Â