A.Irma Putri Meilina Manullang·dibaca normal 7 menitTujuan 10: Berkurangnya Kesenjangan Transformasi Ekonomi Melalui Pendidikan: Peran STEM, VR, dan Kemitraan Internasional dalam Menciptakan Pertumbuhan yang Adil
Misbah Fikrianto·dibaca normal 3 menitTujuan 16: Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh Akselerasi Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Kolaborasi dengan Semua Pihak
Miftah Fauzan Permana·dibaca normal 1 menitTujuan 16: Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh Ditjen Imigrasi Minta Backup Data ke Kominfo Sejak April 2024
Menormalisasikan Segala Cara Untuk Memperoleh Nilai Memuaskan: Tindakan Korupsi Yang Masih Dianggap Lumrah Dieffa Firstly·Juni 30, 2024Tindakan korupsi di lingkungan sekolah yang masih dinormalisasikan0 Komentar·dibaca normal 3 menit
PEMERATAAN PERSEBARAN TENAGA PENDIDIK PERGURUAN TINGGI ANTAR DAERAH SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PEMERATAAN KLASTERISASI DAN KUALITAS PENDIDIKAN TINGGI YANG BERKELANJUTAN Ivo Rajava Fiba·Juni 30, 2024 Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan berkelanjutan karena pendidikan merupakan salah satu bentuk modal kapsitas...#Pemerataantenagapendidik #pemerataanperguruantinggi #pemerataanklasterisasi0 Komentar·dibaca normal 6 menit
Menguatkan Akar Pendidikan Melalui Peran Ekstrakulikuler dan Organisasi di Dalam Sekolah Farhan Rizqy Nugroho·Juni 30, 2024Artikel ini mengangkat pentingnya peran kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi sekolah dalam membentuk karakter siswa yang kuat dan berdaya saing. Dengan menanamkan nilai-nilai SDGs ke-4 dan ke-16, siswa tidak hanya belajar pengetahuan akademis, tetapi juga menjadi agen perubahan yang siap menghadapi tantangan masa depan. Artikel ini membahas program-program yang dapat di implementasikan, serta dampak jangka panjangnya dalam menciptakan generasi pemimpin masa depan yang berkomitmen untuk perdamaian dan keadilan.Pendidikan0 Komentar·dibaca normal 3 menit
Menggalakkan Kegiatan Edukasi Terhadap Penting nya Hak Asasi Manusia Disekolah-sekolah, Untuk Mewujudkan Tujuan SDGS 16 Oktaviani Ramadani·Juni 30, 2024Penting nya Menggalakkan Kegiatan Edukasi mengenai isu Hak Asasi Manusia Disekolah-sekolah, Untuk Mewujudkan Tujuan 4 dan 16 dari Sustainable Development Goals (SDGS)0 Komentar·dibaca normal 3 menit
DUNIA DIGITAL YANG DAMAI: LITERASI MEDIA SOSIAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN SEBAGAI PENYOKONG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Jihan Naura Arfiansyah·Juni 29, 2024DUNIA DIGITAL YANG DAMAI: LITERASI MEDIA SOSIAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN SEBAGAI PENYOKONG PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN Candu media sosial memang...0 Komentar·dibaca normal 5 menit
PRAKTIK PENDIDIKAN MORAL DI SEKOLAH SEBAGAI LANGKAH KONKRET PERBAIKAN KARAKTER SISWA Rico Lim·Juni 29, 2024Setiap tahunnya, Indonesia memiliki ribuan lulusan dari jenjang sekolah menengah hingga perguruan tinggi. Para lulusan tersebut dibekali ilmu...#KompetisiMenulis #PendidikanBerkualitas #PembangunanBerkelanjutan0 Komentar·dibaca normal 7 menit
Hadanah terhadap ibu perokok aktif Omi Try Aryani Omi Try Aryani·Juni 21, 2024Siti Walidah Nyai Ahmad Dahlan yang merupakan Ulama Perempuan yang memberikan inspirasi luar biasa terhadap pemikiran- pemikiran perempuan dalam hal pendidikan maupun kesetaraaanSiti Walidah0 Komentar·dibaca normal 1 menit
IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) UNTUK MEWUJUDKAN LINGKUNGAN SEKOLAH ANTI KEKERASAN Farras Zidane Diego Ali Farhan·Juni 9, 2024Kekerasan merupakan salah satu problematika yang menghantui institusi pendidikan di Indonesia. Sekolah yang seharusnya menjadi ruang aman bagi...0 Komentar·dibaca normal 5 menit
“Sustainable Living Educational System : Paradigma dan Praktik Edukasi Baru untuk Indonesia Emas” Mochamad Syaifuddin Imansyah·Juni 9, 2024Pendidikan berkualitas merupakan salah satu fondasi penting dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama tujuan 4: Pendidikan Berkualitas. Dengan menggunakan pendekatan dan metode yang tepat, kita dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki moral yang kuat. Ini akan membantu dalam mencapai tujuan lainnya seperti kesetaraan gender, pengurangan ketidaksetaraan, penanganan perubahan iklim, pemeliharaan ekosistem laut dan daratan, serta perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang tangguh. Indonesia Emas 2045 merupakan visi yang menargetkan Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045, tepat seratus tahun setelah kemerdekaannya. Namun, untuk mencapai visi ini, kita dihadapkan pada dua kemungkinan besar: potensi besar untuk menjadi negara maju atau justru terjebak dalam bencana demografis jika sumber daya manusia tidak dikelola dengan baik. Pendidikan yang berkualitas menjadi kunci utama untuk memastikan kita mampu memanfaatkan bonus demografi ini. Ada berbagai alasan mengapa seseorang mempelajari sesuatu. Mulai dari keinginan pribadi untuk mengetahui dan memahami, tuntutan lingkungan, hingga kebutuhan profesional. Motivasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk minat pribadi, dukungan lingkungan, dan relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari. Sayangnya, sistem pendidikan di Indonesia sering dikritik karena tidak mampu menumbuhkan motivasi belajar yang kuat di kalangan siswa. Jika dibandingkan dengan negara maju seperti Jepang, durasi waktu sekolah yang lebih panjang tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas intelektual dan moral yang dihasilkan. Jepang berhasil menanamkan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab yang kuat melalui sistem pendidikan mereka, sementara Indonesia masih harus berjuang dengan isu-isu seperti kurikulum yang kaku dan metode pengajaran yang kurang efektif. Tujuan 10 Komentar·dibaca normal 1 menit