Dyas vio Febrian·dibaca normal 3 menitTujuan 12: Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab MENYULUT ENERGI HIJAU DARI EMAS CAIR: PERAN STRATEGIS KELAPA SAWIT DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN
Muhammad Harist Syahirul A'en·dibaca normal 5 menitTujuan 13: Penanganan Perubahan Iklim Agroforestri: Sistem Ketahanan Pangan terhadap Perubahan Iklim
Angly M Sae·dibaca normal 3 menitTujuan 13: Penanganan Perubahan Iklim PELATIHAN KEPEMIMPINAN SDGS DALAM MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR DI MALUKU
Pendidikan Berkualitas dan Inovasi: Jalan Menuju Kepemimpinan yang Mampu Mewujudkan Ekonomi Berkelanjutan. Faqih Rabbani A·September 8, 2024Pendidikan yang baik memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk kepemimpinan efektif, sedangkan inovasi menawarkan solusi baru untuk masalah lingkungan dan sosial. Integrasi antara kedua elemen ini penting untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan global dan menciptakan solusi yang berdampak positif. 0 Komentar·dibaca normal 2 menit
Dari Ruang Kelas ke Dunia Nyata: Inovasi Pendidikan sebagai Motor Penggerak Ekonomi Hijau chinta nofani·September 5, 2024Tulisan ini membahas pentingnya pendidikan dan inovasi dalam membangun ekonomi yang berkelanjutan. Ide utamanya adalah: Pendidikan yang berkualitas dan inovasi yang terus-menerus adalah kunci untuk mengatasi masalah lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih baik. Tulisan ini menjelaskan bagaimana: Pendidikan berperan dalam membentuk individu yang sadar lingkungan dan memiliki keterampilan untuk menciptakan solusi inovatif. Inovasi dapat menghasilkan teknologi dan model bisnis baru yang ramah lingkungan. Kerjasama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat sangat penting untuk mewujudkan ekonomi hijau. Contoh-contoh konkret dari berbagai negara, termasuk Indonesia, diberikan untuk menggambarkan bagaimana praktik-praktik baik dapat diterapkan. Kesimpulannya, tulisan ini menekankan bahwa dengan mengintegrasikan pendidikan dan inovasi, kita dapat membangun masa depan yang lebih berkelanjutan. Kata kunci: pendidikan, inovasi, ekonomi berkelanjutan, lingkungan, keberlanjutan, solusi inovatif. Tujuan tulisan: Memberikan inspirasi bagi para pembuat kebijakan, pendidik, dan masyarakat luas untuk terlibat dalam upaya membangun masa depan yang lebih baik. Singkatnya, tulisan ini mengajak kita untuk melihat pendidikan sebagai investasi jangka panjang yang dapat menghasilkan perubahan nyata bagi lingkungan dan masyarakat.hijauInovasiPendidikan berkualitas0 Komentar·dibaca normal 4 menit
Sekolah berkontribusi dalam Program Kampung Iklim (Proklim) 2024 adhi susatyo·Juni 30, 2024Jika sebelumnya terdapat beberapa penghargaan seperti Sekolah Adiwiyata dan saat ini dapat terlibat dalam proklim. Hal ini menjadi sebuah kesempatan sekolah, kampus, pondok pesantren untuk meningkatkan dan melakukan praktik-praktik baik dalam upaya menyelesaikan perubahan iklim. Untuk menyongsong dalam kontribusi sekolah untuk proklim, maka perlu didukung oleh kegiatan-kegiatan mengenai adaptasi dan mitigasi iklim di lingkungan sekolah. Kegiatan proyek sosial ataupun pembelajaran berbasis proyek yang mendukung kegiatan SDG pilar Lingkungan perlu dikampanyekan bagi murid-murid sekolah. 0 Komentar·dibaca normal 3 menit
Peran Guru dalam Pendidikan Krisis Iklim untuk Pembangunan Berkelanjutan Muhammad Rizqi Akbar·Juni 30, 2024“Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia,” kata pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela. Pernyataan itu diucapkan pada pada 1990, sebelum krisis iklim menjadi perhatian banyak orang seperti saat ini. Lantas, apakah pendapat Mandela tersebut relevan untuk menjawab persoalan krisis iklim?GuruKrisis IklimPendidikanPerubahan Iklim0 Komentar·dibaca normal 3 menit
Hijaukan Generasi: Cinta Lingkungan dengan Praktik Pengelolaan Sampah Berkelanjutan di Sekolah sebagai Implementasi SDG 4, 13, 14, dan 15 Azzahra Putri Kristiana·Juni 30, 2024Alam sebagai sarana pendidikan dan bukan cuma petualangan – Norman Edwin Kondisi lingkungan saat ini, seperti pemanasan...0 Komentar·dibaca normal 6 menit
Generasi Hijau Dimulai Dari Sekolah: Pendidikan Dan Praktik Berkelanjutan Dalam Implimentasi Projek P5 (Profil Penguatan Pelajar Pancasila) Intan Sarungallo·Juni 30, 2024entingnya pendidikan berkelanjutan dalam menciptakan generasi yang sadar lingkungan dan bertanggung jawab sosial. Pendidikan berkualitas (SDGs 4) dan penanganan perubahan iklim (SDGs 13) harus diintegrasikan dalam kurikulum sekolah, sejalan dengan P5 Kurikulum Merdeka. Melalui pendekatan berbasis proyek, teknologi hijau, dan partisipasi komunitas sekolah, siswa diajak memahami dan mengatasi tantangan lingkungan. Kurikulum yang mencakup konsep keberlanjutan dalam berbagai mata pelajaran, serta kolaborasi dengan pihak eksternal, akan membentuk siswa yang mampu memberikan solusi praktis untuk masalah lingkungan, berkontribusi pada masa depan yang lebih hijau dan berkeadilan.#PendidikanBerkualitas#perubahaniklim#sdgs13#SDGS4 #P5 #projekpenguatanprofilpelajarpancasila #sdgsindonesia #sdgsatschool#SekolahPeduliBumiSDGS40 Komentar·dibaca normal 4 menit
Proyek Pembuatan Pohon Cair Sederhana bagi Siswa SMA Leonardo Leonardo·Juni 30, 2024Sejak setahun terakhir, Indonesia mengalami permasalahan kualitas udara yang bermuara dari peningkatan jumlah emisi karbon. Jika dibiarkan, permasalahan ini akan memuncak menjadi krisis iklim yang menimbulkan berbagai kerugian bagi masyarakat. Sebagai salah satu unsur penting dalam masyarakat, baik guru dan siswa, dapat memulai langkah nyata sederhana dalam menanggulangi permasalahan ini. Melalui melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), guru dan siswa dapat berperan dalam pembuatan pohon cair sederhana sebagai bentuk praktik baik pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di lingkungan sekolah.p5Pelajar PancasilaPohon Cair SederhanaSDGsSMA0 Komentar·dibaca normal 4 menit
Eco Quest: Mengintegrasikan Pendidikan Berkualitas dan Penanganan Perubahan Iklim melalui Permainan Edukatif Andi Indah Ayu Lestari·Juni 30, 2024"Eco Quest" adalah board game edukatif yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang isu-isu lingkungan dan pentingnya pendidikan berkualitas. Permainan ini menggabungkan tantangan dan peluang yang dapat dilaksanakan secara langsung di kelas, mendorong interaksi dan pembelajaran aktif. Melalui kegiatan yang sederhana dan menyenangkan, siswa diajak untuk berpikir kritis dan bertindak nyata dalam upaya menjaga lingkungan dan memajukan pendidikan, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.#BerkelanjutanboargameInovasiPendidikansdgs 13sdgs 40 Komentar·dibaca normal 4 menit
Integrasi P5-STEAM sebagai Ruang Tumbuh Berpikir Tri Nurdiyanso·Juni 29, 2024Integrasi P5-STEAM merupakan sebuah terobosan dalam memberikan ruang tumbuh berpikir siswa di kelas. Urgensi pendidikan dalam menciptakan kualitas manusia yang berpikir kreatif, mengharuskan adanya wadah ruang tumbuh berpikir, tanpa ada sekat sentimen negatif dari perbedaan opini.Berpikir AnalitikBerpikir KreatifPendidikan berkualitasSTEAM0 Komentar·dibaca normal 5 menit