shofroul lailiyah·dibaca normal 4 menitTujuan 4: Pendidikan Berkualitas Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Pendekatan STEM dalam Pembelajaran IPA di Sekolah.
Diva Era Palupy Soeseno·dibaca normal 6 menitTujuan 4: Pendidikan Berkualitas Keluarga Sebagai Pondasi Indonesia Emas 2045
ketut widiantari·dibaca normal 3 menitTujuan 4: Pendidikan Berkualitas Memberdayakan Pemimpin Masa Depan ” Peran Pendidikan Berkualitas dan Inovasi dalam Mencapai Ekonomi Berkelanjutan”
Transformasi Ekonomi Melalui Pendidikan: Peran STEM, VR, dan Kemitraan Internasional dalam Menciptakan Pertumbuhan yang Adil A.Irma Putri Meilina Manullang·September 12, 2024Pendidikan STEM berbasis AR dan VR adalah kunci untuk inovasi dan daya saing ekonomi di era industri 4.0. Investasi dalam pendidikan STEM dan vokasional membantu mempersiapkan tenaga kerja untuk menghadapi perubahan teknologi, tetapi kesenjangan pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan tetap menjadi tantangan. Negara-negara seperti Finlandia, Korea Selatan, dan Singapura telah menunjukkan bahwa pendidikan inklusif dan berbasis teknologi dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan adil. Kolaborasi global diperlukan untuk memastikan pendidikan berkualitas bagi semua, menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkeadilan.#ramahlingkungan #keseimbangan #keberlanjutan #ekonomi #sosial #alam #triple bottom line#sdgs5 #sdgs #genderequality #kesetaraangender #perempuankuat #perempuanhebatKurikulum Pendidikanpekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomiPendidikansdgs 4SDGs 8SDGs 9Teknologi Pendidikan0 Komentar·dibaca normal 7 menit
Pendidikan Kepariwisataan berbasis Teaching Factory (TEFA) dalam Mewujudkan Pariwisata Regeneratif di Indonesia Ayu Ratna Sari·September 12, 2024Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang berkontribusi besar dalam dalam pembangunan ekonomi Indonesia mengingat potensi kekayaan alam...#EducationforSustainableDevelopment#SDGAacademy#SDGAcademyIndonesia#SustainabilityEducation#sustainable #pariwisata berkelanjutan#youthinitiative #sustainabilityroadshow #nooneleftbehind0 Komentar·dibaca normal 8 menit
Siapkah Desa Meninggalkan Pertanian Tradisional? Menjajaki Era Baru dengan Inovasi Teknologi, Menyemai Harapan di Lahan Digital Dyas vio Febrian·September 12, 2024Artikel ini membahas kesiapan desa di Indonesia untuk bertransformasi dari pertanian tradisional menuju ekonomi berbasis jasa melalui inovasi teknologi dan pendidikan berkualitas. Teknologi seperti pertanian cerdas dan platform digital meningkatkan efisiensi dan produktivitas agrikultur, membuka akses pasar yang lebih luas bagi petani. Pendidikan berkualitas yang terintegrasi dengan teknologi penting dalam menyiapkan pemimpin masa depan yang inovatif dan adaptif terhadap perubahan. Artikel ini juga mengulas peran penting pemimpin desa sebagai agen perubahan dan tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan infrastruktur. Solusi yang ditawarkan mencakup investasi digital dan kolaborasi lintas sektor untuk mendorong pembangunan ekonomi desa yang berkelanjutan, sejalan dengan pencapaian SDGs di bidang pendidikan, pekerjaan layak, dan inovasi industri.0 Komentar·dibaca normal 3 menit
Pembangunan Desa Sebagai Motor dalam Mewujudkan Ekonomi Berkelanjutan di Indonesia Rizky Saraswati·September 12, 2024Membangun Indonesia dimulai dari Desa. Desa yang maju dan berdaya dapat menjadi ujung tombak Indonesia dalam mewujudkan ekonomi berkelanjutan dan penghidupan yang layak.#SDGs4 #SDGs8 #SDGs9 #IndonesiaMaju #IndonesiaJayaSelalu#SDGsDesaekonomi berkelanjutankompetisi menulis0 Komentar·dibaca normal 3 menit
Perbaikan Input Proses dan Output Sebagai Langkah dalam Membangun Masa Depan yang Berkelanjutan Khansa Shabirah·September 12, 2024Di antara fokus utama dunia saat ini adalah mewujudkan Pembangunan Masa Depan yang Berkelanjutan (SDGs). Inisiasi ini dicanangkan oleh PBB sejak 2012 yang berisi 17 butir poin untuk mentransformasi dunia. Terdapat 3 poin yang menjadi fokus utama dalam penulisan ini, hal tersebut karena adanya hubungan input, proses dan output antara ketiganya dalam mewujudkan SDGs. #hariliterasinasional#KompetisiMenulis#sdgs8#sdgs9SDGS40 Komentar·dibaca normal 6 menit
Indonesia Butuh Guru Bersertifikasi? Stephanie Eliza Clara·September 12, 2024Kualitas pendidikan Indonesia nyatanya masih membutuhkan perhatian khusus dari kita semua. Kurangnya tenaga pendidik tersertifikasi menjadi salah satu permasalahan yang harus segera dibenahi. Melihat tujuan ke-4 dari Sustainable Development Goals, pendidikan berkualitas merupakan unsur pokok yang harus dicapai suatu negara demi keberlanjutan pembangunan di masa mendatang. Produktivitas tinggi, penciptaan berbagai inovasi, serta tumbuhnya sektor industri dengan memanfaatkan infrastruktur dalam negeri, menjadi imbas positif dari keberlanjutan pendidikan di Indonesia sekaligus mewujudkan tujuan ke-8 dan ke-9 SDGs. Meraih peluang Indonesia Emas melalui bonus demografi 2030!0 Komentar·dibaca normal 3 menit
Entrepreneurship Education : Transformasi pendidikan menuju ekonomi berkelanjutan Ayu Puspita Lestari·September 12, 2024Â Educational Entrepreneurship atau pendidikan berwirausaha, sangat penting diterapkan dalam sistem pendidikan di Indonesia terutamanya bagi mereka yang saat ini sedang menempuh sekolah menengah atas dan perguruan tinggi. Dilihat secara umur mereka sedang memasuki usia dewasa yang mana daya pikir serta rasa keingintahuan yang tinggi untuk mencoba hal-hal baru.0 Komentar·dibaca normal 3 menit
Indonesia Maju 2045 Dimulai dari Kelas: Memperbaiki Pendidikan dan Inovasi untuk Membangun Ekonomi Berkelanjutan Fazmi Rizki Al Ghifari·September 12, 2024Mengatasi tantangan pendidikan dan inovasi di Indonesia dengan sepuluh upaya strategis untuk menciptakan pemimpin masa depan yang mendukung ekonomi berkelanjutan melalui sinergisitas dengan beberapa pihak.ekonomi berkelanjutanindonesia majuInovasiPemimpinPendidikan0 Komentar·dibaca normal 7 menit
Transformasi Pembelajaran Berbasis STEM sebagai Antisipasi Fenomena Bias Keahlian Guna Mempersiapkan Pemimpin Masa Depan Elisma Herdinawati·September 12, 2024Sebelum sampai pada tahun 2030, pengelolaan SDM dan ketenagakerjaan yang berorientasi ke masa depan menjadi hal yang sangat krusial untuk lebih diperhatikan. Mengingat dalam kurun waktu tersebut, pesatnya perkembangan teknologi, munculnya revolusi industri 4.0, dan datangnya generasi baru di pasar tenaga kerja akan semakin menambah dinamika di area ini. Persoalan tersebut erat kaitannya dengan relevansi tujuan pembangunan berkelanjutan poin 8, 4, dan 9. Oleh sebab itu, untuk mencapai keberlangsungan hidup yang berkelanjutan sebagaimana yang dicita-citakan, maka perlu pendekatan yang tepat sasaran menjadi langkah yang paling tepat untuk mengatasi persoalan ini. Dalam tataran praktis, pembelajaran berbasis STEM merupakan solusi yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan kerja kaum muda yang dalam masa transisi memasuki dunia kerja. Oleh karena STEM merupakan pendekatan kontekstual yang mengintegrasikan hardskill dan softskill yang penting dalam proses penyiapan dan peningkatan mutu sumber daya manusia.ekonomi berkelanjutanInovasiPembangunan BerkelanjutanPendidikan0 Komentar·dibaca normal 7 menit