Rezah Anifa·dibaca normal 3 menitTujuan 1: Tanpa Kemiskinan Menggali Potensi Intelektual demi Kesejahteraan Bangsa Masa Depan
Rezah Anifa·dibaca normal 3 menitTujuan 1: Tanpa Kemiskinan Menggali Potensi Intelektual demi Kesejahteraan Bangsa Masa Depan
A.Irma Putri Meilina Manullang·dibaca normal 7 menitTujuan 10: Berkurangnya Kesenjangan Transformasi Ekonomi Melalui Pendidikan: Peran STEM, VR, dan Kemitraan Internasional dalam Menciptakan Pertumbuhan yang Adil
Pengadaan Grup Belajar Online Gratis “Persiapan Tes ASN Arsiparis” Dalam Rangka Memperluas Kesempatan Belajar bagi Masyarakat Non Arsiparis Liyanti Damena P.S Sihombing·September 5, 2024A.PENDAHULUAN Berdasarkan Undang-Undang nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Bab I, Pasal...#GRUPBELAJARONLINE#TESCPNSARSIPARIS0 Komentar·dibaca normal 5 menit
Mewujudkan Ekonomi Berkelanjutan Melalui Peningkatan Pendidikan dan Inovasi: Perspektif dan Praktik Baik di Indonesia Gerry Anugrah Dwiputra·Agustus 25, 2024Dengan pengalaman lebih dari satu dekade di bidang HR, pendidikan, dan UMKM, serta pengamatan langsung terhadap tantangan di sektor-sektor tersebut di Indonesia, saya mengembangkan program inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan usaha serta memperkuat kolaborasi antara universitas, SMK, mahasiswa, siswa, UMKM, desa wisata, bank sampah, dan BUMDes. Program ini bertujuan menciptakan ekosistem yang mendukung peningkatan keterampilan dan inovasi, serta mengadopsi prinsip green economy untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. Dampak dari program ini diharapkan signifikan terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), meliputi pengurangan kemiskinan, pendidikan bermutu, pekerjaan layak, pengurangan ketimpangan, industri dan inovasi, serta kesetaraan gender. Melalui komunitas JobpreneurID dan perusahaan Link Productive yang saya dirikan, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pemberdayaan UMKM di Indonesia. Program ini bertujuan menciptakan lapangan pekerjaan yang layak, meningkatkan kualitas pendidikan, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan.0 Komentar·dibaca normal 5 menit
Hijaukan Masa Depan: PT Bayan Resources Ciptakan Kemandirian Disabilitas Melalui Project Hidroponik di Tabang Project Fandi Oktiawan·Agustus 11, 2024PT Bayan Resources, Tbk, melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM), melaksanakan proyek pemberdayaan disabilitas berbasis hidroponik di Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara. Proyek ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian ekonomi bagi penyandang disabilitas (PwD) dengan melibatkan mereka dalam kegiatan hidroponik. Peserta mendapatkan pelatihan intensif tentang teknik bercocok tanam hidroponik, yang memungkinkan mereka memulai usaha mandiri dan mengurangi ketergantungan pada bantuan sosial. Selain manfaat ekonomi, proyek ini juga meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional peserta. Proyek ini sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), khususnya dalam menghilangkan kemiskinan, mengurangi ketimpangan dan mempromosikan inklusi sosial, serta diharapkan dapat menginspirasi perusahaan lain untuk mengadopsi inisiatif serupa.#Disabilitas0 Komentar·dibaca normal 2 menit
Menggali Kreativitas Tanpa Batas: Adi Soumena Kontribusi Pada High Level Political Forum Ayu Putu Eka Novita·Juli 22, 2024Adi Soumena, seorang mahasiswa komunikasi di President University dan perwakilan internasional di Youth Advisory Board SOS Children's Villages, menunjukkan dedikasi dan semangat tinggi dalam menggali kreativitas serta kontribusi pada forum global. Terlibat dalam berbagai proyek dan organisasi, Adi memanfaatkan keahlian dalam komunikasi digital, pemasaran, dan manajemen proyek untuk mengatasi tantangan global terkait pendidikan dan hak anak. Kehadirannya di High Level Political Forum (HLPF) 2024 merupakan bagian dari upayanya untuk mewakili suara pemuda, mempengaruhi kebijakan internasional, serta membangun jaringan yang kuat dengan pemimpin global. Sebagai anak yang tumbuh dalam pengasuhan alternatif, Adi menghadapi berbagai tantangan dalam mengakses dan memenuhi hak-hak anak, termasuk keterbatasan pendidikan, ketidaksetaraan sosial, dan akses terbatas ke layanan kesehatan. Namun, semangat dan komitmennya untuk mengatasi hambatan ini melalui berbagai inisiatif dan kampanye, baik di tingkat nasional maupun internasional, menunjukkan kemampuan luar biasa dalam berkontribusi positif bagi masyarakat. Upaya Adi dalam kolaborasi dan pemberdayaan pemuda menjadi kunci penting dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 dan menciptakan perubahan yang inklusif dan berkelanjutan.0 Komentar·dibaca normal 7 menit
Strategi Local Community School dalam Upaya Mewujudkan Education for Sustainable Development di Wilayah Pedesaan dan 3T Ayu Ratna Sari·Juni 30, 2024Artikel ini merupakai esai terkait dengan sistem pendidikan Local Community School yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah pedesaan dan 3T berbasis holistik dan sinergitas untuk mencapai SDGs 4 dan 10.0 Komentar·dibaca normal 11 menit
Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas (Tujuan 4 SDGs) Melalui Kesetaraan Gender (Tujuan 5 SDGs) dan Berkurangnya Kesenjangan (Tujuan 10 SDGs) Sehubung dengan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kurikulum Merdeka untuk Pembangunan yang Berkelanjutan. Apa yang Harus Dilakukan? Lailatul Mayhendra·Juni 30, 2024Pendidikan yang berkualitas merupakan PR besar bagi seluruh negara. Bahkan negara-negara maju sekalipun masih terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya. Berbagai upaya dilakukan untuk mencapai pendidikan yang bermutu tinggi. Lalu bagaimana ikhtiar Indonesia dalam mewujudkan tujuan 4 SDGs yaitu pendidikan yang berkualitas? Faktor apa saja yang harus diperhatikan dan bagaimana implementasinya?#SDGS4 #P5 #projekpenguatanprofilpelajarpancasila #sdgsindonesia #sdgsatschool#sdgs5 #sdgs #genderequality #kesetaraangender #perempuankuat #perempuanhebatPendidikansdg10SDGs0 Komentar·dibaca normal 4 menit
Pendidikan dalam Genggaman Video Game Niken Vidya Ambarwati·Juni 30, 2024Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi tidak dapat dihindari. Banyak aspek kehidupan menggunakan teknologi, salah satunya Pendidikan. Lalu, bagaimana hubungan video game dan Pendidikan?Berkurangnya KesenjangankeberlanjutanPendidikan0 Komentar·dibaca normal 5 menit
PEMERATAAN PERSEBARAN TENAGA PENDIDIK PERGURUAN TINGGI ANTAR DAERAH SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PEMERATAAN KLASTERISASI DAN KUALITAS PENDIDIKAN TINGGI YANG BERKELANJUTAN Ivo Rajava Fiba·Juni 30, 2024 Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembangunan berkelanjutan karena pendidikan merupakan salah satu bentuk modal kapsitas...#Pemerataantenagapendidik #pemerataanperguruantinggi #pemerataanklasterisasi0 Komentar·dibaca normal 6 menit
Integrasi P5-STEAM sebagai Ruang Tumbuh Berpikir Tri Nurdiyanso·Juni 29, 2024Integrasi P5-STEAM merupakan sebuah terobosan dalam memberikan ruang tumbuh berpikir siswa di kelas. Urgensi pendidikan dalam menciptakan kualitas manusia yang berpikir kreatif, mengharuskan adanya wadah ruang tumbuh berpikir, tanpa ada sekat sentimen negatif dari perbedaan opini.Berpikir AnalitikBerpikir KreatifPendidikan berkualitasSTEAM0 Komentar·dibaca normal 5 menit
Integrasi Project-Based Learning dan Competency-Based Education: Strategi Efektif Pengembangan 21st Century Skills dalam Membangun Generasi Berkompeten Anggelina Amelia Vega·Juni 28, 2024Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 4 yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan yang merata serta mengurangi ketimpangan sosial, sangat tergantung pada kemajuan sistem pendidikan. Dengan memperbaiki sistem ini, termasuk melalui penerapan strategi Project Based Learning dan Competency-Based Education dapat mengurangi disparitas antara wilayah perkotaan dan pedesaan serta mempersiapkan generasi muda dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengatasi tantangan global. Tidak hanya membekali individu untuk berpartisipasi secara efektif dalam pembangunan nasional, tetapi juga mendukung visi untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan berkelanjutan sesuai dengan tujuan SDGs.#HariPendidikanNasional #SDGS4 #ProjectBasedLearning #Competency-Based Education0 Komentar·dibaca normal 5 menit
KADIKSA (Katalis Pendidikan Desa): Sinergi edukasi dalam Menghadapi Era Society 5.0 Ajeng Nuranti Syafitri·Juni 26, 2024Nelson Mandela berkata “Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.” Namun,...0 Komentar·dibaca normal 7 menit
Edukasi Setara untuk Indonesia Emas Kristin Lebdaningrum·Juni 26, 2024Mari kita pertimbangkan untuk menumbuhkan lingkungan sekolah yang menyenangkan dan menarik untuk anak-anak dan remaja bersekolah. Hal ini dibutuhkan juga peran dari berbagai pihak seperti guru, kepala sekolah, keluarga, pemerintah, dan akademisi untuk mendukung program ini diterapkan khususnya pada sekolah-sekolah didaerah tertinggal di Indonesia.0 Komentar·dibaca normal 8 menit
AUTOMATISASI PENDIDIKAN BERKELANJUTAN MELALUI STRUKTURISASI KOLABORASI LINTAS GENERASI Haidar Taqiuddin·Juni 9, 2024Tulisan ini mengusulkan solusi dari angka putus sekolah yang tinggi dan ketidakmerataan pendidikan di Indonesia. Melalui semboyan "Tut Wuri Handayani" bukan hanya guru, tetapi penggiat pendidikan bisa ikut serta menjalankan pendidikan yang keberlanjutan dan merata. Semua bisa menjadi pahlawan indonesia.bangun indonesiafilosofi pendidikanindonesia majuKearifan lokalketimpangan pendidikanki hajar dewantarapahlawan indonesiapembangunan ekonomipembangunan pendidikanpendidikan humanispendidikan keberlanjutanpendidikan merataputus sekolahsolusi bangsa0 Komentar·dibaca normal 6 menit
Save Our Paper Sebagai Upaya Menjaga Lingkungan dan Akses Pendidikan yang Setara Trisna Kusuma·Juni 9, 2024Program Save Our Paper yang diinisiasi oleh Dewan Anak Mataram (DAM) merupakan langkah inovatif dalam mengatasi permasalahan sampah kertas di Indonesia. Dengan memanfaatkan sisa-sisa kertas yang masih layak pakai, program ini mendaur ulangnya menjadi buku baru yang kemudian disalurkan kepada anak-anak SD dan SMP di daerah pesisir dan pondok pesantren. Program ini tidak hanya menyelamatkan lingkungan dari limbah kertas, tetapi juga meningkatkan kesadaran dan keterampilan siswa dalam daur ulang, mendukung pendidikan non-formal, dan berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) terkait pendidikan berkualitas, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, aksi iklim, dan kehidupan di darat. Save Our Paper menjadi contoh nyata bagaimana partisipasi anak-anak dapat memberikan solusi konkret terhadap tantangan global melalui kreativitas dan kepedulian lingkungan.#EducationforSustainableDevelopment0 Komentar·dibaca normal 4 menit
Deskless Classroom: Konsep Kelas Tanpa Meja untuk Kegiatan Belajar yang Setara FAUZIAH KURNIASARI·Juni 9, 2024Kelas tanpa meja, konsep penataan ruang kelas yang diterapkan di sekolah dasar Finlandia untuk memenuhi kebutuhan semua siswa yang beragam dan meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Apakah Indonesia harus mengadopsinya?Kompetisimenulis100 Komentar·dibaca normal 8 menit
Menjadi Unggul dalam Indonesia Berdaya Talenta Isroq Adi Subakti·Juni 9, 2024Ketika pendidikan bukan lagi sekadar kebutuhan, maka memberdayakan talenta-talenta unggul kebanggaan Indonesia adalah faktor penting demi mendulang kualitas pendidikan - dan pendidikan yang berkualitas. #SDG4 #SDG8 #SDG10 #PendidikanInklusif #TalentaIndonesia0 Komentar·dibaca normal 6 menit
“Sustainable Living Educational System : Paradigma dan Praktik Edukasi Baru untuk Indonesia Emas” Mochamad Syaifuddin Imansyah·Juni 9, 2024Pendidikan berkualitas merupakan salah satu fondasi penting dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama tujuan 4: Pendidikan Berkualitas. Dengan menggunakan pendekatan dan metode yang tepat, kita dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki moral yang kuat. Ini akan membantu dalam mencapai tujuan lainnya seperti kesetaraan gender, pengurangan ketidaksetaraan, penanganan perubahan iklim, pemeliharaan ekosistem laut dan daratan, serta perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang tangguh. Indonesia Emas 2045 merupakan visi yang menargetkan Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045, tepat seratus tahun setelah kemerdekaannya. Namun, untuk mencapai visi ini, kita dihadapkan pada dua kemungkinan besar: potensi besar untuk menjadi negara maju atau justru terjebak dalam bencana demografis jika sumber daya manusia tidak dikelola dengan baik. Pendidikan yang berkualitas menjadi kunci utama untuk memastikan kita mampu memanfaatkan bonus demografi ini. Ada berbagai alasan mengapa seseorang mempelajari sesuatu. Mulai dari keinginan pribadi untuk mengetahui dan memahami, tuntutan lingkungan, hingga kebutuhan profesional. Motivasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk minat pribadi, dukungan lingkungan, dan relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari. Sayangnya, sistem pendidikan di Indonesia sering dikritik karena tidak mampu menumbuhkan motivasi belajar yang kuat di kalangan siswa. Jika dibandingkan dengan negara maju seperti Jepang, durasi waktu sekolah yang lebih panjang tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas intelektual dan moral yang dihasilkan. Jepang berhasil menanamkan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab yang kuat melalui sistem pendidikan mereka, sementara Indonesia masih harus berjuang dengan isu-isu seperti kurikulum yang kaku dan metode pengajaran yang kurang efektif. Tujuan 10 Komentar·dibaca normal 1 menit
Masa Depan Berkelanjutan: Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Lingkungan Sekolah Nur Gita Jamilda·Juni 9, 2024Indonesia sebagai salah satu negara berkembang juga menunjukkan respon mengenai kondisi ini. Sehingga dapat kita Implementasi pendidikan berkelanjutan di Indonesia perlu diperkuat untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang diharapkan. Alternatif yang dapat dilakukan ialah memperkuat konsep pembangunan berkelanjutan di tingkat Pendidikan.()Tujuan 10 Komentar·dibaca normal 4 menit
PROGRAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN (SOFTSKILL) BAGI INDIVIDU BERKEBUTUHAN KHUSUS UNTUK MENCAPAI “SATU PERUSAHAAN SATU IBK” Caroline Sekarwati·Juni 9, 2024Program pengembangan keterampilan bagi para Individu berkebutuhan khusus merupakan suatu keharusan yang perlu menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat, agar kita bisa secara bersama-sama mewujudkan pendidikan inklusif dan menurunkan kesenjangan sosial bagi para penyandang disabilitas, sehingga prinsip "No One Left Behind" dapat benar-benar terwujud di Indonesia#PendidikanInklusif #IndividuBerkebutuhanKhusus #SatuPerusahaanSatuIBK #NoOneLeftBehind #SDG4 #SDG100 Komentar·dibaca normal 4 menit
KAMIS NUSANTARA, IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI BAGI ANAK-ANAK PEKERJA MIGRAN INDONESIA Apria Ningsih·Juni 9, 2024Artikel ini berisikan gagasan tentang implementasi kurikulum merdeka dalam menjangkau pendidikan secara inklusi bagi anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI).#BerandaInspirasi #KompetisiMenulisGreenerFuture @sdgacademy_id0 Komentar·dibaca normal 4 menit