Rima Sulistyani 0shares AKSI NYATA TOPIK 4. PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA Read More Tujuan Asesmen: Asesmen ini bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Jenis Asesmen: Asesmen ini menggunakan beberapa jenis asesmen, yaitu: Penilaian Profil Pelajar Pancasila (P5): Observasi Asesmen Diagnostik Kognitif: Pre-test Asesmen Formatif: Kelompok: Penilaian presentasi hasil diskusi dan penilaian portofolio LKPD Individu: Post-test, remedial, dan pengayaan Hasil Asesmen: Hasil asesmen menunjukkan bahwa: P5: Peserta didik menunjukkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, toleransi, dan kreatif. Asesmen Diagnostik Kognitif: Hasil pre-test menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik masih belum memahami konsep perbandingan trigonometri. Asesmen Formatif: Kelompok: Peserta didik menunjukkan kemampuan kerjasama yang baik dalam presentasi dan menyelesaikan tugas LKPD. Individu: Hasil post-test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman peserta didik terhadap konsep perbandingan trigonometri. Kesimpulan: Asesmen ini cukup efektif dalam mengukur kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada segitiga siku-siku.  Tugas 3.1 Menganalisis Asesmen di Ruang Kelas Mata Pelajaran Matematika Kelas X Fase E Capaian Pembelajaran Di akhir fase E, peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan segitiga siku-siku yang melibatkan perbandingan trigonometri dan aplikasinya Tujuan Pembelajaran Melaui kegiatan diskusi, tanya jawab, dan penugasan peserta didik diharapkan dapat menyelesaikan masalah konstektual dengan perbandingan trigonometri tangen pada segitiga siku-siku dengan benar Materi Ajar (Topik) Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Jenis Asesmen (Formatif/Sumatif) 1.     Penilaian Profil Pelajar Pancasila (P5) 2.     Asesmen Diagnostik Kognitif: Pre Test (https://forms.gle/Mfs7z5uM7tHi3iV36) 3.     Asesmen Formatif: Asesment Kelompok : ·        Penilaian Presentasi Hasil Diskusi ·        Penilaian Portofolio LKPD Asesment Individu : ·     Post Test (https://forms.gle/BfGyUcQb2Uj6MUtj6) ·     Remidial dan Pengayaan Bentuk Asesmen (soal tertulis / projek / unjuk kerja/ dll) 1.     Penilaian Profil Pelajar Pancasila (P5): observasi. 2.     Asesmen Diagnostik : Tes tertulis 3.     Asesmen Formatif : ·        Kelompok: Unjuk kerja dan portofolio ·        Individu: Tes tertulis Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik? Jelaskan! Observasi dalam Penilaian P5 merupakan metode yang tepat untuk menilai perkembangan karakter dan sikap peserta didik, sesuai dengan tahap perkembangan sosial dan emosional mereka. Asesmen Diagnostik: dapat membantu guru memahami tingkat pemahaman awal peserta didik terhadap materi, sesuai dengan tahap perkembangan kognitif mereka. Asesmen formatif kelompok yang berupa presentasi hasil diskusi dan portofolio LKPD mendorong kerja sama, komunikasi, dan kreativitas peserta didik, sesuai dengan tahap perkembangan sosial dan kognitif mereka. Asesmen Individu yang berupa tes tertulis dapat mengukur pemahaman individu terhadap materi, sesuai dengan tahap perkembangan kognitif mereka.  Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik? Jelaskan! Guru memberikan tes tertulis dengan soal-soal yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Guru juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi dalam kelompok kecil dengan cara yang sesuai dengan budaya mereka. Selain itu, menilai portofolio LKPD peserta didik dengan mempertimbangkan kreativitas dan cara mereka menyelesaikan tugas dengan cara yang sesuai dengan karakteristik mereka.  Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik? Jelaskan! Asesmen awal membantu guru memahami tingkat pemahaman awal peserta didik terhadap materi yang akan dipelajari. Hasil asesmen awal digunakan untuk menyusun LKPD, mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuannya dan memberikan pembelajaran yang lebih terdiferensiasi.  Bagian mana dari asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran mereka?   Guru memberikan remidial dan pengayaan kepada peserta didik yang tidak memenuhi kriteria penilaian untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran. Jika Anda menjadi guru di kelas tersebut, hal apa yang ingin Anda tingkatkan untuk lebih memaksimalkan efektivitas asesmen dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik? Tuliskan pendapatmu secara lengkap! Jika saya menjadi guru dikelas tersebut, saya ingin mengembangkan asesmen dengan melibatkan perkembangan zaman, menyusun menjadi asesmen yang memiliki kepraktisan dalam penggunaannya namun dapat memberikan efek atau pengaruh yang besar terhadap peserta didik.   Salah satu cara yang ingin saya terapkan adalah dengan mengmbangkan asesmen dengan memanfaatkan teknologi dengan memperhatikan aspek perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik dan kemampuan peserta didik. Hal itu dilakukan untuk dapat mengkuti perkembangan zaman serta dapat mengikuti  beberapa hal yang sedang digandrungi oleh peserta didik, agar memiliki daya tarik yang lebih untuk peserta didik. Â