Kartika Simorangkir 0shares AKSI NYATA TOPIK 4. PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA Read More   Generasi muda merupakan bakal pemimpin yang akan menentukan arah dan masa depan sebuah negara. Pemberdayaan melalui pendidikan yang berkualitas dan inovasi akan memberikan dampak positif bagi ekonomi berkelanjutan. Hal ini dikarenakan pendidikan yang berkualitas akan membekali individu dengan keterampilan yang relevan sesuai kebutuhan pasar kerja, seperti keterampilan teknis, kemampuan manajerial dan komunikasi. Pendidikan yang dibutuhkan oleh generasi sekarang tidak mengacu pada kemampuan akademik semata, melainkan memerlukan pengembangan kreatifitas,pemikiran kritis, pembentukan karakter dan kemampuan memecahkan masalah untuk menghadapi berbagai tantangan global menuju ekonomi berkelanjutan. Menurut laporan UNESCO 2023, pendidikan inklusif dan merata adalah dasar untuk mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi. Pengetahuan dan keterampilan yang disalurkan melalui pendidikan akan menciptakan lingkungan, di mana kolaborasi dan pertukaran ide dapat berkembang sehingga akan mendorong terciptanya inovasi yang unggul. Oleh karena itulah institusi pendidikan seringkali menjadi pusat penelitian dan pengembangan. Mendukung generasi muda dalam bidang inovasi dan teknologi dapat memberikan solusi untuk menghadapai berbagai tantangan global dan sosial yang dirasakan oleh masyarakat. Generasi muda sebagai sumber inovasi dan ide baru memanfaatkan teknologi sebagai senjata utama untuk mendukung ekonomi berkelanjutan. Potensi besar dan ide inovatif yang mereka miliki memungkinkan terciptanya lapangan kerja yang layak. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya perusahaan startup yang didirikan oleh para generasi muda berfokus pada inovasi teknologi yang dapat mengefesienkan energi dan mengurangi limbah. Dalam konteks ini, pekerjaan layak yang dimaksud adalah pekerjaan yang produktif. Hal ini mencakup pekerjaan dengan lingkungan kerja yang aman dan nyaman, upah yang sesuai dan adil, perlindungan hak-hak ketenagakerjaan dan kesempatan kerja yang sama bagi semua orang (termasuk pemuda, perempuan dan penyandang disabilitas). Tidak hanya itu, inovasi juga dibutuhkan untuk mengefesienkan pemanfaatan sumber daya dan mendorong pertumbuhan kewirausahaan dan Umkm. Melalui dorongan yang tepat untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang ramah lingkungan, generasi muda dapat mempromosikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan sambil menciptakan peluang kerja bagi masyarakat. Untuk mendukung semua inovasi tersebut, keseimbangan industri dan infrastuktur yang memadai sangat dibutuhkan. Melalui inovasi teknologi, generasi muda dapat menciptakan dan mengembangkan infrastruktur yang jauh lebih baik, bersih, dan hemat energi di berbagai sektor industri. Infrastruktur yang baik memungkinkan akses yang lebih mudah ke pasar, meningkatkan efisiensi produksi, dan mendukung pengembangan teknologi baru. Kesadaran dan kepekaan terhadap isu-isu global dan lingkungan dapat dijadikan acuan untuk memberikan solusi berkelanjutan. Misalnya, inovasi dalam pengembangan energi terbarukan seperti energi air dan angin, atau pengembangan teknologi di bidang pengolahan air limbah. Selain itu, pengembangan infrastruktur hijau juga dapat memanfaatkan inovasi teknologi untuk menciptakan atau meningkatkan ketahanan industri dan masyarakat dari perubahan iklim atau bencana alam lainnya. Contohnya adalah memanfaatkan teknologi hijau dalam mitigasi air dan tanah longsor secara efektif (Suriyani, 2022). Di samping semua itu, generasi muda sebagai calon pemimpin tidak dapat berdiri sendiri. Mereka membutuhkan dorongan dan dukungan dari berbagai pihak untuk terus mengembangkan potensi besar yang ada dalam diri mereka. Oleh karena itu, peran pemerintah, akademisi, masyarakat, dan sektor swasta sangat dibutuhkan oleh generasi muda. Pemerintah perlu menyediakan kebijakan yang mendukung, seperti investasi dalam pendidikan dan penelitian yang berorientasi pada keberlanjutan, serta memberikan insentif bisnis untuk mendorong antusiasme dan mewadahi setiap inovasi. Akademisi dapat berkontribusi melalui pengembangan kurikulum yang relevan dan program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri. Masyarakat dapat berkontribusi dengan memberikan dukungan moral dan motivasi, menyediakan kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan sosial dan ekonomi, serta menciptakan lingkungan yang mendukung inklusivitas dan keberagaman. Begitu juga dengan sektor swasta, mereka memainkan peran penting dalam menciptakan peluang kerja dan lingkungan yang mendukung inovasi di kalangan generasi muda Dengan memberikan ruang bagi kaum muda untuk terlibat dalam proyek-proyek yang berkaitan dengan keberlanjutan, mereka dapat menjadi bagian dari solusi global terhadap masalah ekonomi dan lingkungan. Dengan kolaborasi yang kuat dari semua pihak, generasi muda dapat tumbuh menjadi pemimpin yang visioner dan transformatif. Melalui pemberdayaan ini, generasi muda dapat memperoleh kesempatan untuk berkembang menjadi pemimpin yang visioner, berani mengambil resiko dan mampu menghadapi berbagai tantangan global. Dengan adanya pemahaman yang mendalam tentang tantangan global dan keterampilan yang relavan, generasi muda akan menjadi penggerak utama dalam menciptakan kebijakan dan keputusan yang memperhatikan keseimbangan antara perkembangan ekonomi, kesejahteraan sosial dan pelestarian lingkungan. Generasi muda dalam ekonomi berkelanjutan bukan hanya sebagai penerima manfaat,melainkan sebagai aktor utama yang memimpin transisi menuju masa depan yang lebih baik bagi semua orang. Dengan pendidikan yang berkualitas, generasi muda akan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memimpin perubahan. Dengan akses terhadap pekerjaan layak, mereka akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang adil dan berkelanjutan. Dan dengan inovasi teknologi, mereka akan menciptakan solusi baru untuk menghadapi tantangan ekonomi global yang semakin kompleks.                SUMBER AKHBAR, K. (2023). Perkasa inovasi teknologi hijau tangani perubahan iklim. Perkasa inovasi teknologi hijau tangani perubahan iklim, 1. Retrieved from https://news.uthm.edu.my/ms/2023/05/perkasa-inovasi-teknologi-hijau-tangani-perubahan-iklim/ Suriyani, L. D. (2022, MARET). Ini Tawaran Solusi dan Inovasi untuk Menahan Krisis Iklim. MONGABAY, 1. Retrieved from https://www.mongabay.co.id/2022/03/31/ini-tawaran-solusi-dan-inovasi-untuk-menahan-krisis-iklim/ UNESC0. (2023). Global Education Monitoring Report. Global Education Monitoring Report., 00. Retrieved from https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000373721_ind  Â