Rahiswarie Kresnawati Silvestri 0shares AKSI NYATA TOPIK 4. PERSPEKTIF SOSIOKULTURAL DALAM PENDIDIKAN INDONESIA Read More Nama Kelompok : Elda Ariani Rahiswarie Kresnawati Silvestri Roro Ambar Fitrianingsih Tantriana Yolanda Mata Kuliah : Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya Tugas 3.1 Menganalisis Asesmen di Ruang Kelas Mata Pelajaran I : Bimbingan dan Konseling Mata Pelajaran Bimbingan Konseling Kelas XI.5 Fase F Capaian Pembelajaran Pada proses pembelajaran bimbingan konseling, guru BK memberikan layanan klasikal dengan teknik expressive writing kepada peserta didik dengan tema overthinking. Peserta didik menyimak apa yang disampaikan guru BK dan peserta didik pun berdiskusi serta tanya jawab mengenai tema yang telah disampaikan. Di akhir pembelajaran guru BK memberikan kertas HVS kepada peserta didik yang diisi 3 pertanyaan mengenai overthinking. Dari proses pembelajaran bimbingan konseling peserta didik diberi kebebasan berpendapat dan peserta didik diberikan pemahaman agar dapat mengurangi overthingking serta cara menangani nya. Tujuan Pembelajaran 1. Membentuk sikap religius melalui fisika dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa; 2. Memupuk integritas dan sikap, jujur, adil, bertanggung jawab, menghormati martabat individu, kelompok, dan komunitas, serta berkebhinekaan global; 3. Memperdalam pemahaman tentang prinsip-prinsip fisis alam semesta yang konsisten sehingga memiliki kemampuan berfikir kritis dilengkapi dengan keterampilan penalaran kuantitatif; 4. Memiliki sikap ilmiah, mengembangkan rasa ingin tahu, pengalaman untuk dapat merumuskan masalah secara kreatif, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengomunikasikan hasil percobaan baik lisan maupun tulisan secara mandiri; dan 5. Memahami kekuatan dan keterbatasan diri untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan diri, memiliki keinginan dalam mengembangkan pengalaman belajar, dan menjadi pemelajar sepanjang hayat. Materi Ajar (Topik) Overthingking dalam Menghadapi Masalah Jenis Asesmen (Formatif/Sumatif) Asesmen Sumatif Bentuk Asesmen (soal tertulis/projek/unjuk kerja/dll) Pertanyaan tertulis Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik? Jelaskan! Guru berusaha mencari tahu layanan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan pencapaian sebelumnya. Misalnya, melalui dialog dengan peserta didik, dan tanya jawab. Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik? Jelaskan! Penilaian sumatif dapat digunakan untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik secara berkala. Umpan balik ini dapat membantu peserta didik untuk belajar lebih efektif, sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mereka. Dalam asesmen yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik yaitu pada kegiatan pembelajaran diskusi kelompok diberikan asesmen kepada peserta didik Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik? Jelaskan! Perkembangan psikomotorik peserta didik, psikomotorik diartikan sebagai aktivitas fisik yang berkaitan dengan proses mental dan psikologis. Psikomotorik berkaitan dengan tindakan dan keterampilan. Psikomotorik ialah kegiatan fisik yang berhubungan dengan proses mental dan psikologi (Khasanah & Darsinah, 2022). Bagian mana dari asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran mereka? Ada ruang yang disediakan oleh guru bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran. Jika Anda menjadi guru di kelas tersebut, hal apa yang ingin Anda tingkatkan untuk lebih memaksimalkan efektivitas asesmen dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik? Tuliskan pendapatmu secara lengkap! Jika saya menjadi guru dikelas tersebut, saya ingin mengembangkan asesmen dengan melibatkan perkembangan zaman, menyusun menjadi asesmen yang memiliki kepraktisan dalam penggunaannya namun dapat memberikan efek atau pengaruh yang besar terhadap peserta didik. Salah satu cara yang ingin saya terapkan adalah dengan mengmbangkan asesmen dengan memanfaatkan teknologi dengan memperhatikan aspek perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik dan kemampuan peserta didik. Hal itu dilakukan untuk dapat mengkuti perkembangan zaman serta dapat mengikuti beberapa hal yang sedang digandrungi oleh peserta didik, agar memiliki daya tarik yang lebih untuk peserta didik. Mata Pelajaran II : Fisika Mata Pelajaran Fisika Kelas X.7 Fase E Capaian Pembelajaran Pada proses pembelajaran fisika, peserta didik dilatih untuk melakukan penelitian sederhana mengenai fenomena alam. Peserta didik belajar menemukan permasalahan, membuat hipotesis, merancang percobaan sederhana, melakukan percobaan, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil percobaan baik secara tertulis maupun secara lisan. Dari proses pembelajaran fisika peserta dilatih untuk memiliki penalaran ilmiah, kemampuan berfikir kritis serta keterampilan memecahkan masalah yang semuanya sejalan dengan upaya pengembangan profil pelajar Pancasila yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Tujuan Pembelajaran 1. Membentuk sikap religius melalui fisika dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa; 2. Memupuk integritas dan sikap, jujur, adil, bertanggung jawab, menghormati martabat individu, kelompok, dan komunitas, serta berkebhinekaan global; 3. Memperdalam pemahaman tentang prinsip-prinsip fisis alam semesta yang konsisten sehingga memiliki kemampuan berfikir kritis dilengkapi dengan keterampilan penalaran kuantitatif; 4. Memiliki sikap ilmiah, mengembangkan rasa ingin tahu, pengalaman untuk dapat merumuskan masalah secara kreatif, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengomunikasikan hasil percobaan baik lisan maupun tulisan secara mandiri; dan 5. Memahami kekuatan dan keterbatasan diri untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan diri, memiliki keinginan dalam mengembangkan pengalaman belajar, dan menjadi pemelajar sepanjang hayat. Materi Ajar (Topik) Pemanasan Global Jenis Asesmen (Formatif/Sumatif) Asesmen Formatif Bentuk Asesmen (soal tertulis/projek/unjuk kerja/dll) Projek pembuatan laporan portofolio Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik? Jelaskan! Guru berusaha mencari tahu kesiapan belajar peserta didik dan pencapaian sebelumnya. Misalnya, melalui dialog dengan peserta didik, sesi diskusi kelompok kecil, dan tanya jawab. Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik? Jelaskan! Penilaian formatif dapat digunakan untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik secara berkala. Umpan balik ini dapat membantu peserta didik untuk belajar lebih efektif, sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan mereka. Dalam asesmen yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik yaitu pada kegiatan pembelajaran diskusi kelompok diberikan asesmen kepada peserta didik Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik? Jelaskan! Perkembangan psikomotorik peserta didik, psikomotorik diartikan sebagai aktivitas fisik yang berkaitan dengan proses mental dan psikologis. Psikomotorik berkaitan dengan tindakan dan keterampilan. Psikomotorik ialah kegiatan fisik yang berhubungan dengan proses mental dan psikologi (Khasanah & Darsinah, 2022). Mengukur kemampuan berpikir kritis, kreativitas serta inovatif peserta didik dalam pembuatan projek. Bagian mana dari asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran mereka? Ada ruang yang disediakan oleh guru bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran. Jika Anda menjadi guru di kelas tersebut, hal apa yang ingin Anda tingkatkan untuk lebih memaksimalkan efektivitas asesmen dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik? Tuliskan pendapatmu secara lengkap! Jika saya menjadi guru dikelas tersebut, saya ingin mengembangkan asesmen dengan melibatkan perkembangan zaman, menyusun menjadi asesmen yang memiliki kepraktisan dalam penggunaannya namun dapat memberikan efek atau pengaruh yang besar terhadap peserta didik. Salah satu cara yang ingin saya terapkan adalah dengan mengmbangkan asesmen dengan memanfaatkan teknologi dengan memperhatikan aspek perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik dan kemampuan peserta didik. Hal itu dilakukan untuk dapat mengkuti perkembangan zaman serta dapat mengikuti beberapa hal yang sedang digandrungi oleh peserta didik, agar memiliki daya tarik yang lebih untuk peserta didik.