fbpx

Topik 2. 7. Aksi Nyata Mata Kuliah Pembelajaran Berdiferensiasi

Hai Sobat PPG

Salam Pendidikan

Perkenalkan nama saya Margaretha Taniria Sarumaha, saya mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 Universitas Islam Sumatera Utara.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan argumen kritis saya dalam pertanyaan-pertanyaan pada Topik 2. 7. Aksi Nyata.

Refleksi aksi nyata:

Pertanyaan 1. Apakah Anda puas dengan proses belajar pada topik ini? Mengapa?

Jawab.  Saya puas. Hal ini karena di topik 2 ini saya belajar tentang aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi mulai dari diferensiasi aspek konten yaitu dimana kita harus dapat mempertimbangkan materi apa yang akan diajarkan sesuai kebutuhan peserta didik, diferensiasi  aspek proses yaitu kita harus menentukan model pembelajaran apa yang akan kita gunakan, diferensiasi aspek produk yaitu menentukan produk apa yang harus dihasilkan serta diferensiasi aspek lingkungan belajar dimana kita harus menentukan lingkungan belajar yang dapat mendukung proses pembelajaran peserta didik.

Pertanyaan 2. Ide apa yang Anda dapatkan setelah belajar pada topik ini?

Jawab. Setelah saya belajar topik 2 ini saya memiliki ide untuk mengembangkan materi/konten yang akan saya ajarkan ke peserta didik saya sesuai lingkungan atau kehidupan mereka sehari-hari. Kemudian untuk proses pembelajaran kami akan menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan dan sebisa mungkin dapat menghasilkan sebuah produk. Kami juga dapat mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuannya untuk menyesuaikan konten dan perhatian yang akan diberikan.

Petanyaan 3. Bagaimana caranya supaya Anda dapat  merealisasikannya?

Jawab. Ketika saya akan mengajar, saya terlebih dahulu membuat perangkat pembelajaran. Pada tahap ini saya akan menentukan materi apa yang saya ajaarkan untuk peserta didik. Kemudian kami akan menentuka bagaimana saya akan melakukan proses pembelajaran dengan menentuka model apa yang saya akan gunakan sesuai karakteristik peserta didik yang akan saya ajar. Setelah proses pembelajaran, peserta didik dapat mempresentasikan produk/hasil kerja mereka bisa dalam bentuk tulisan ataupun produk benda. Kemudian dalam proses pembelajaran lingkungan belajar yang menyenangkan akan membuat peserta didik semangat untuk belajar.

Pertanyaan 4. Apa yang melatarbelakanginya?

Jawab. Latar belakang melakukan kegiatan tersebut yaitu peserta didik sering kali merasa bosan dan tidak dapat berlama-lama melakukan proses pembelajaran. Peserta didik juga tidak cocok dengan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Dengan menentukan konten apa yang dibutuhkan peserta didik serta proses pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mereka, mungkin saja peserta didik akan lebih semangat belajar.

Pertanyaan 5. Apa tujuannya dari kegiatan tersebut?

Jawab. Tujuan dari kegiatan tersebut agar peserta didik tidak merasa bosan ketika proses pembelajaran serta menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dimana peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran.

Pertanyaan 6. Apa indikator keberhasilannya?

Jawab. Indikator keberhasilannya yaitu materi yang diajarkan untuk peserta didik terpenuhi dan peserta didik paham apa yang guru berikan, proses pembelajaran berpusat pada peserta didik, hasil keria peserta didik dapat di tunjukkan dalam bentuk presentasi ataupun produk serta menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan menyenangkan.

Pertanyaan 7. Bagaimana langkahnya?

Jawab. Langkahnya yaitu Melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek, yaitu: kesiapan belajar, minat belajar, dan profil belajar murid. Kemudian merencanakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan hasil pemetaan (memberikan berbagai pilihan baik dari strategi, materi, maupun cara belajar). Setelah itu, mengevaluasi dan refleksi pembelajaran yang sudah berlangsung.