fbpx

PERSPEKTIF SOSIAL, BUDAYA, EKONOMI, DAN POLITIK DALAM PEMBELAJARAN (TOPIK 3 AKSI NYATA) )

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam Pendidikan!
Salam Literasi!

Tulisan ini berisi refleksi Aksi Nyata tentang Topik 3 Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik dalam Pembelajaran dengan menggunakan alur MERDEKA yang terdiri dari mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi, dan aksi nyata. 

Semoga tulisan ini dapat memberikan pemahaman mendalam semua insan yang berprofesi sebagai Guru Profesional di seluruh Indonesia. 

Mulai diri
Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai pembelajaran?

Saya teringat waktu saya belajar di sebuah pesantren dengan suasana belajar sangat nyaman dan tenang, memungkinkan saya dan teman-teman untuk fokus dan berkembang. Meskipun terkadang muncul sedikit masalah, seperti perbedaan pendapat dalam proses belajar, semua itu dapat teratasi dengan baik. Hal ini terjadi berkat komunikasi yang terbuka antara kami dan bimbingan dari para guru yang sabar.

Di pesantren tersebut bukan hanya mengajarkan ilmu, tetapi juga nilai-nilai penting seperti toleransi. Di sini, kami berasal dari beragam latar belakang, namun saling menghormati dan menunjukkan sikap ramah satu sama lain. Saya merasa beruntung bisa bergaul dengan teman-teman yang penuh pengertian dan dukungan. Kami sering belajar bersama, berdiskusi, dan saling membantu. Pengalaman ini membuat saya merasa bahwa belajar di pesantren bukan hanya tentang mendapatkan pengetahuan, tetapi juga tentang membangun persahabatan yang berharga dan memperkuat rasa kebersamaan.

Saya bersyukur karena kondisi sekolah tempat saya belajar (pesantren) cukup baik. Saya merasa beruntung fasilitas pembelajaran yang saya dapati memadai, mulai dari ruang kelas dan buku, serta jumlah tenaga pengajar yang sesuai, membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. 

Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Setelah mempelajari tentang faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran, saya dapat mengetahui beberapa hal berikut: 

  1. Faktor ekonomi, politik, sosial, dan budaya sangat memengaruhi kesenjangan dalam proses pembelajaran di sekolah. Dari segi ekonomi, sekolah di daerah kaya biasanya memiliki fasilitas yang lebih baik, seperti buku dan teknologi, sedangkan sekolah di daerah miskin sering kekurangan sumber daya, yang menghambat belajar. Kebijakan politik juga berperan; jika pemerintah lebih fokus pada pendidikan di kota, daerah terpencil bisa terabaikan, sehingga siswa di sana tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Selain itu, latar belakang keluarga dan dukungan orang tua sangat memengaruhi keberhasilan siswa; mereka yang berasal dari keluarga yang mendukung pendidikan cenderung lebih berhasil. Nilai dan norma budaya juga berpengaruh; di beberapa budaya, pendidikan mungkin tidak dianggap penting, sehingga anak-anak kurang termotivasi untuk belajar. Semua faktor ini menciptakan kesenjangan dalam akses dan kualitas pendidikan di sekolah.
  2. Perbedaan kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan politik antar institusi pendidikan di Indonesia memang menunjukkan bahwa pendidikan tidak merata dan menciptakan kesenjangan yang memprihatinkan dalam struktur sosial masyarakat. Sekolah-sekolah di daerah kaya sering memiliki fasilitas yang lebih baik dan akses ke sumber daya yang lebih banyak, sementara sekolah di daerah miskin sering kekurangan dukungan dan infrastruktur. Selain itu, faktor budaya dan sosial dapat mempengaruhi sikap terhadap pendidikan, di mana beberapa komunitas mungkin kurang mendukung pendidikan formal. Kebijakan politik yang tidak merata juga menyebabkan perbedaan dalam alokasi anggaran pendidikan. Semua ini berkontribusi pada kesenjangan yang lebih dalam, di mana siswa dari latar belakang yang kurang beruntung sulit untuk bersaing dengan mereka yang berasal dari lingkungan yang lebih mendukung, memperkuat stratifikasi sosial di masyarakat.
  3. Sebagai calon guru, saya merasa penting untuk mengkritisi isu-isu pendidikan yang terjadi di lingkungan sekitar saya yang kaya akan keragaman budaya, dan status sosial ekonomi. Saya menyadari bahwa setiap siswa memiliki latar belakang yang berbeda, yang sangat memengaruhi cara mereka belajar dan berinteraksi. Saya mengamati adanya kesenjangan akses pendidikan bagi siswa dari keluarga kurang mampu, serta kurangnya perhatian terhadap kebutuhan budaya dan agama tertentu dalam kurikulum. Melalui diskusi dengan teman-teman dan guru-guru, saya berkomitmen untuk mengadvokasi perubahan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mengurangi kesenjangan. Dengan cara ini, kita semua dapat berkontribusi untuk memastikan bahwa setiap anak memiliki kesempatan untuk meraih potensi mereka secara maksimal.

Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Yang saya pelajari bersama kelompok saya adalah bahwa beberapa sekolah yang kami amati memiliki berbagai problematika yang beranekaragam, seperti perbedaan tingkat kemampuan siswa, kurangnya variasi media pembelajaran, dan sulitnya membangkitkan motivasi belajar peserta didik. Yang tidak kalah penting juga adalah faktor ekonomi, sosial, dan budaya yang berkontribusi pada kesenjangan dalam proses pembelajaran di sekolah. Sekolah di daerah kota memiliki fasilitas yang lebih baik, sedangkan sekolah di desa sering kekurangan sumber daya. Dukungan keluarga juga sangat berpengaruh. Siswa dari keluarga yang mendukung pendidikan cenderung lebih semangat dan berhasil. Sebagian yang lain, kurangnya semangat dan dukungan dari keluarga mengakibatkan rendahnya motivasi belajar serta motivasi untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Proses demonstrasi saya jalani bersama kelompok sangat penting karena memberikan kesempatan untuk belajar secara langsung tentang isu isu dalam pembelajaran melalui perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Selain itu, bekerja dalam kelompok membantu saya belajar dari teman-teman, saling berdiskusi, dan bertukar ide tentang faktor ekonomi, politik, sosial, dan budaya yang dapat menciptakan kesenjangan dalam pembelajaran. Proses ini juga melatih keterampilan kerjasama dan komunikasi, karena kami harus saling mendengarkan dan menghargai pendapat masing-masing.

Elaborasi Pemahaman
Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?
Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Sejauh ini, yang saya pahami tentang topik ini adalah bahwa faktor ekonomi, politik, sosial, dan budaya sangat memengaruhi kesenjangan dalam proses pembelajaran di sekolah. Dari segi ekonomi, sekolah di daerah kaya biasanya memiliki fasilitas yang lebih baik, seperti buku dan teknologi, sedangkan sekolah di daerah miskin sering kekurangan sumber daya, yang menghambat belajar. Kebijakan politik juga berperan; jika pemerintah lebih fokus pada pendidikan di kota, daerah terpencil bisa terabaikan, sehingga siswa di sana tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Selain itu, latar belakang keluarga dan dukungan orang tua sangat memengaruhi keberhasilan siswa; mereka yang berasal dari keluarga yang mendukung pendidikan cenderung lebih berhasil. Semua faktor ini menciptakan kesenjangan dalam akses dan kualitas pendidikan di sekolah.

Hal baru yang saya pahami adalah bahwa masyarakat multikultural seperti Indonesia tidak bisa sepenuhnya menghilangkan isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Namun hal itu bisa diminimalisir dengan kerja sama dan kesadaran bersama. Di Indonesia yang kaya akan keragaman, setiap kelompok punya pengalaman dan tantangan yang berbeda. Penting untuk membangun dialog agar kita bisa saling memahami dan menghargai. Program pendidikan yang adil dan kebijakan ekonomi yang merata bisa membantu mengurangi kesenjangan dalam pendidikan. Dengan mengedepankan nilai-nilai gotong royong, kita bisa menciptakan masyarakat yang lebih harmonis, di mana setiap orang merasa dihargai dan memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan meraih cita-citanya.

Yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah bagaimana mengatasi kesenjangan pendidikan di berbagai sektor. Bagaimana agar faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik dapat saling berinteraksi. Misalnya, dalam konteks ekonomi, peningkatan anggaran pendidikan dan akses ke sumber daya yang lebih baik, terutama di daerah terpencil. Dari segi sosial, membangun bagaimana komunitas yang mendukung pendidikan, termasuk peran aktif orang tua dan masyarakat. Selain itu, cara memperkuat nilai-nilai budaya yang menjunjung tinggi pendidikan. Harapannya kita dapat menciptakan suasana pendidikan yang lebih menyeluruh dan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat.

Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam perspektif sosiokultural ini memiliki keterkaitan dengan mata kuliah lainnya seperti mata kuliah Filosofi Pendidikan Indonesia yaitu mengkaji sejarah pendidikan Indonesia dan berkaitan dengan fokus pada pengaruh sosial dan ekonomi peserta didik. Pembelajaran dirancang sesuai dengan kondisi alam dan zaman peserta didik, yang menjadikannya relevan dalam perspektif sosio-kultural. Kaitan dengan mata kuliah Pemahaman Peserta Didik dan Pembelajaran adalah bahwa peserta didik memiliki latar belakang sosial, budaya, dan ekonomi yang berbeda-beda, sehingga guru harus memahami karakter peserta didik yang beragam agar terciptanya pembelajaran yang efektif. Peserta didik berasal dari latar belakang yang berbeda, jadi guru perlu memahami masing-masing siswa. Dengan memahami keunikan mereka, guru dapat menyesuaikan cara mengajar agar lebih menarik dan relevan. Dan pada mata kuliah Prinsip Pengajaran dan Asesmen I saya dapat memahami bahwa latar belakang sosial dan budaya memengaruhi cara belajar. Pengajaran yang efektif harus menyesuaikan metode dan materi dengan konteks siswa, sedangkan asesmen perlu adil dan relevan untuk mencerminkan kemampuan siswa secara holistik. Hal ini membuat pembelajaran lebih inklusif dan efektif.

 

Aksi Nyata
Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Manfaat mempelajari materi ini sangat penting untuk kesiapan saya sebagai guru. Dengan memahami isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik, saya dapat lebih baik melihat bagaimana faktor-faktor ini memengaruhi proses belajar siswa. Pengetahuan ini akan membantu saya meningkatkan motivasi siswa dan memenuhi kebutuhan mereka dengan sumber daya yang tepat. Dengan pemahaman ini, saya akan siap menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung, membantu siswa meraih prestasi, dan mendorong mereka mencapai cita-cita.

Kesiapan saya adalah 8 dari skala 10. Saya siap menjadi guru setelah memahami isu-isu sosial, budaya, ekonomi, dan politik karena beberapa alasan. Pertama, saya bisa mengenali faktor-faktor yang memengaruhi motivasi dan prestasi siswa, sehingga bisa membuat pembelajaran yang lebih efektif. Kedua, dengan memahami latar belakang siswa, saya dapat menciptakan suasana kelas yang mendukung. Ketiga, saya bisa lebih peka terhadap kebutuhan siswa dari segi ekonomi dan membantu mereka mendapatkan sumber daya yang diperlukan.

Agar dapat menerapkannya dengan optimal, saya perlu mempersiapkan beberapa hal. Diantaranya, saya harus terus memperbarui pengetahuan tentang perkembangan kebijakan pendidikan dan isu-isu terkini melalui pelatihan dan seminar. Selain itu, saya perlu mengembangkan keterampilan komunikasi agar bisa berinteraksi dengan siswa, orang tua, dan komunitas secara efektif.

Terima kasih 
Wassalamualaikum Wr. Wb. 

Kamiluddin 
Universitas Galuh