Shinta mailuri 0shares PELATIHAN KEPEMIMPINAN SDGS DALAM MENDUKUNG MERDEKA BELAJAR DI MALUKU Read More PERAN PENDIDIKAN BERKUALITAS DALAM INOVASI MENCAPAI EKONOMI BERKELANJUTAN SEBAGAI LANDASAN PENCAPAIAN SDGs MENUJU INDONESIA MAJU Pendidikan merupakan suatu landasan pembentukan karakter dalam lingkupkemasyarakatan. Tanpa adanya pendidikan akan membuat suatu bangsa tidak memiliki kedamaian, keharmonisan, serta banyak pengetahuan. Oleh karena itu pendidikan dijadikan sebagai alasan utama untuk mengentaskan kemiskinan dan menghapuspengangguran dalam lingkungan sekitar masyarakat. Pendidikan akan memberikan anak bangsa kesempatan belajar banyak pengetahuan, keterampilan, serta moral untuk mendukung pembangunan generasi emas kedepannya. Pendidikan akanmenciptakan generasi emas yang siap bersaing secara global menghadapitantangan dan perubahan yang terjadi. Penerapan pendidikan yang memiliki mututinggi akan meningkatkan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs)menuju indonesia maju. Dengan adanya pemberdayaan sumber daya manusia, peningkatan kesejahtraaan sosial dalam lingkungan masyaraka, pertumbuhanekonomi berkelanjutan, dan pelestarian lingkungan, karena itulah pendidikanmembentuk peran vital menuju generasi emas yang berdaya saing. Oleh sebab itu, pendidikan merupakan bagian investasi masa depan, untuk pembangunan negara indonesia yang berkelanjutan dan menjaga kesejahteraan dalam masyarakat. Pendidikan adalah fondasi utama untuk pembangunan bangsa yang berkualitas dan unggul. Di indonesia sendiri pendidikan yang berkualitas dan bermutu sebagai kunci untuk membangun dan menciptakan generasi emas yang mampu bersaing secara global. Pendidikan dapat mengubah pola pikir masyarakat agar terlepas dari rantai kemiskinan, karena dengan pendidikan maka kemiskinan akan dapat diatasi. Dengan memfokuskan pendidikan maka kita akan dapat mengembangkan dan meningkatkan sumber daya manusia yang unggul, yang dapat menjadi penggerak utama menuju indonesia maju. Pendidikan yang baik tidak hanya untuk memajukan individu tapi juga mendorong pencapaianSuistainable Development Goals (SDGs) sebagai landasan pencapaian. Pendidikan tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan saja, tetapi juga memberikan nilai-nilai karakter yang didalamnya terkandung moral dan etika yang akan menjadikan warga negara supaya mampu mengambil tanggung jawab yang akandiembannya. Bahkan, pendidikan akan membuka banyak peluang dalam pekerjaan kedepannya, sehingga akan memberikan kesempatan serta peluang untuk anak bangsa agar jauh dari rantai kemiskinan. Tentu dengan adanya pendidikan generasi muda akan memiliki kualifikasi secara akademis dan keterampilan yang memberikan nya kesempatan untuk memiliki pekerjaan yang layak dan memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhannya, oleh karena itulah pendidikan merupakan salah satu pengentas kemiskinan dan penganggurandalam masyarakat. Pendidikan memiliki peran untuk meningkatkan kesadaransosial. Melalui pendidikan akan dapat menciptakan masyarakat yang bertoleransidan mampu bekerja sama. Dampak positif adanya pendidikan dalam suatu layanankesehatan masyarakat cenderung pasti memberikan kesadaran pada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan menjaga gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit. Dalam konteks global pendidikan ini dikatakan sebagai pertukaran pengetahuaserta budaya antarnegara, karena dengan pendidikan akan dapat menjaga kedamaian dan kerjasama antarnegara, serta mendorong kemajuan teknologi daninovasi. Secara komprehensif, pendidikan adalah kunci membangun kedamaiandan keharmonisan masyarakat dalam akses pendidikan yang merata dan berkualitas. Di era digital, pendidikan tanpa batas memberikan peluang bagi semua orang untuk mengembangkan potensi tanpa terhalang oleh batasan sosial maupun geografis. Tujuan utama pendidikan untuk mencegah banyak penggangguran dalam masyarakat, karena dengan adanya pendidikan akan memberikan peluang kepada anak muda untuk belajar dan memperluas pengetahuan apalagi dalam bidang teknologi. Sehingga di masa depan akan memberikan kesempatan kerja untuk membantu perekonomiannya. Dalam hal ini dijelaskan pengukuran statistik pendidikan yang ada di indonesia berdasarkan data, angka partisipasi pendidikan dasar hampir mendekati100%, pendidikan menengah berkisar 95-98%, bahkan pendidikan pada jenjangmenengah atas turun dengan angka indeks sekitar 75-80%. permasalahan yangmenyebabkan turunnya pendidikan di skala menengah atas terjadi karena angkaputus sekolah karena faktor ekonomi yang tidak tercukupi sehingga siswa harusputus sekolah agar tidak menjadi beban keluarga. Selain itu, kualitas pendidikanmenurut PISA 2018 : pendidikan indonesia menempati peringkat ke 72 dari 77negara, karena minat untuk membaca sangat kurang. Dalam hasil pengamatandikatakan bahwa PISA 2022: masih berada di bawah rata-rata negara lain, karena menunjukkkan kemampuan literasi dalam bidang matematika, maupunsains siswa di indonesia memerlukan tingkat perkembangan lebih lanjut. Alasan pengangkatan tema dalam pendidikan yaitu sebagai ajangmenciptakan generasi bangsa yang bermutu dan berkualitas menuju indonesiamaju dalam pembangunan ekonomi dan sosial suatu negara. Pendidikan yangberkualitas akan dapat meningkatkan inovasi, produktivitas, dan kesejahteraandalam masyarakat, serta mungkin dapat menyeimbangkan kesetaraan dan inklusi bagi semua anak baik dari kelompok menengah maupun kurang mampu, jadi tidak ada perbedaan dalam pendidikan semua dinggap setara. Berdasarkan statistik di tahun 2023 hingga 2024 pendidika mulai menunjukkan sejumlah perkembangan danmampu mengatasi tantangan. Dengan reformasi pendidikan dalam program “Merdeka Blejar” yang dipelopori secara langsung oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tujuannya untuk mendorong kurikulum dan meningkatkan kualitas pendidikan melalui kurikulum baru, kurikulum merdeka untuk merancang penyederhanaan pembelajaran dan mengembangkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis dalam pemecahan masalah dan siswa dapat terampil dalam menciptakan inovasi yang kreatif. Bahkan untuk menghadapi tantangan agar media pendidikan berjalan dengan signifikan pemerintahi ndonesia meningkatkan kualitas pendidikan dan akses yang lebih merata bagi semua siswa. Contohnya dengan adanya program bantuan pendidikan dari pemerintah seperti, bantuan PIP/KIP, beasiswa unggulan, beasiswa pendidikan, dan bantuan dari lembaga pendidikan lain seperti BAZNAS, dan sebagainya. Program ini akan dapat membantu anak yang kurang mampu untuk memperoleh pendidikan dan upaya ini merupakan strategi pemerintah untuk meningkatkan pendidikan anak bangsa yang merata sehingga angka putus sekolah dapat teratasi. Pada era globalisasi ini, pendidikan sudah mengalami perubahan secaras ignifikan. Bahkan batas sosial ataupun secara geografis tidak ada yang akan menghalagi akses pendidikan seperti dahulu, sekarang setiap individu memiliki hak untuk balajar dan berkembang tanpahambatan apapun. Pendidikan diberikan sebagai kunci untuk membangun generasi bangsa yang berkualitas dan mampu bersaing untuk menghadapi tantangan di masa depan, terutama pendidikan tanpa batas juga memberikan akses yang lebih luas dan inklusif untuk mengembangkan dan menampung setiap ide-ide maupun pemikiran berkualitas dari setiap siswa. Pendidikan akan dapat menghilangkan status ketidaksetaraan dalam masyarakat dikarenakan pendidikan akan mengangkat status anak dalam lingkungan masyarakat, dapat dikatakan pendidikan menganggap semua setara tidak memandang latar belakang, sosial, ekonomi, maupun secara geografis. Pendidikan tanpa batas akan melibatkan metode dan pendekatan pembelajaran yang inovatif, terutama dalam penggunaan teknologi digital untuk media pembelajaran baik itu dari pengajaran platform learning, vidio pembelajaran, maupun aplikasi untuk mengakses pembelajaran jarak jauh. Bahkan ada yang mengatakan pembelajaran yang interaktif memberikan pengalaman belajar yang menarik dan efektif sehingga siswa memiliki gaya belajar sendiri serta meningkatkan pemahaman dalam menelusuri informasi serta berkolaborasi dan pertukaran ide antarindividu dari berbagai dunia. Melalui forum diskusi online dan jaringan pembelajaran global untuk mendapatkan berbagai pengetahuan, perspektif, dan budaya dengan teman sejawat di seluruh dunia untuk memperluas wawasan. Generasi yang berkualitas bukan hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang unggul saja, tetapi juga mempunyai karakter yang kuat yang membawanya menghadapi tantangan dan mampu memecahkan masalah dengan pemikiran yang kritis, dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Generasi seperti inilah yang akan bisa memimpin dunia ke arah yang lebih baik, menjawab tantangan globalisasi dengan solusi dan strategi yang inovatif dan berkelanjutan. Peran teknologi digital dalam mewujudkan sumber daya pendidikan dengan penggunaan internet sebagai media pembelajaran untuk siswa dari berbagai penjuru dunia untuk mengakses materi pembelajaran, mengikuti kursus online dan berpatisipasi dalam kelas virtual tanpa terhalang oleh lokasi dan waktu. Dalam mendukung pendidikan dalam bidang digital, institusi pendidikan perlu berinovasi dalam metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dengan bijak, untuk tujuan pembelajaran secara online agar dapat menciptakan banyak pengalaman menarik dan berinovasi. Oleh karena itulah baik guru maupun tenaga pendidik dilatih untuk menggunakan secara efektif, sehingga dapat memfasilitasipembelajaran yang optimal. Peran orang tua dalam pendidikan anak sebagaisumber motivasi kepada anak mereka untuk mamanfaatkan peluang belajar yangtersedia. Peran perusahaan atau organisasi dapat berkontribusi mendukungpendidikan anak yang kurang mampu dengan menyediakan berbagai programseperti pemberian beasiswa pendidikan, program magang, maupun pelatihanketerampilan yang kreatif untuk generasi muda yang aktif. Bahkan pemerintahindonesia mengalokasi dana sekitar 20% dari total anggaran negara untukpendidikan, sesuai amanat dari konstitusi, namun penggunaan anggaran ini perlupeningkatan yang efesisensi. Data yang mencerminkan beberapa tantangan yangakan dihadapi sistem pendidikan indonesia perlu di berikan solusi untuk bisa mengatasinya. Upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi tantangantersebut melalui peningkatan akses, kualitas, kesetaraan pendidikan terus menjadi fokus dan perhatian kebijakan pemerintah dalam memastikan bahwa anak indonesia harus memperoleh pendidikan yang bermutu. Untuk anak yang berada di desa tertinggal tentunya pemerintah harus ikut serta membantu akses pembelajaran yang efektif dan memberikan fasilitas pendidikan yang layak yang dapat menjamin pendidikan anak yang berada di pedalaman. Pendidikan akan dapat membuka akses yang lebih luas dan merata sehinggaakan memeberikan kesempatan untuk generasi bangsa bisa belajar banyakpengetahuan serta keterampilan yang menjadi sebuah pembelajaran untukkedepannya, kesempatan yang diberikan ini merupakan suatu alasan yangmemberikan dampak positif untuk mengubah pola pikir masyarakat kedepannya. Teknologi digital ini memungkinkan akan dapat memberikan suatu kesempatan kepada siswa di setiap daerah terpencil dapat mengakses dan menempuh pendidikan yang berkualitas dan memudahkan siswa mengenali teknologi untuk tujuan pembelajaran dikelas. Kolaborasi global, melalui platform digital yang digunakan, maka akanmemudahkan siswa untuk berinteraksi dengan teman sejawat dan berbagai negara, serta memperkaya pengalaman belajar mereka dan mempromosikan toleransi dan kerja sama.Pemanfaatan media sosial merupakan kanal yang banyak dipakai oleh banyak orang untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Inovasi dalam pengajaran, Institusi pendidikan perlu mengambil metode pengajaran yang lebih interaktif dan aktif untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan lebih efektif. Pengajaran yang menarik akan membuat siswa aktif dalam belajar dan memberikan peluang untuk mereka memunculkan ide-ide yang kreatif yang membawa dampak positif dalam dunia pendidikan. Penduduk usia muda melalui pendidikan kependudukan terintegrasi dalam kurikulum, secara aktif dapat memahami dan menyusun langkah individu dalam memberhasilkan target dalampembangunan global yang tertuang dalam SDGs. (Sitorus 2017) SDGs berisi 17 target dan 169 target dalam periode pelaksanaan tahun 2015-2030. indikator untuk target pembangunan yang terdapat dalam tujuanSDGs salah satuna yang diambil untuk target ini yaitu dibidang pendidikanberkualitas yang akan membawa generasi emas menuju kemajuan dan berdayasaing karena pendidikan merupakan pembangun generasi bangsa yang berkualitas, bermutu, dan berkulaitas menghadapi tantangan yang akan terjadi di masa depan. Dengan adanya pendidikan akan memberikan dampak positif untuk anak indonesia untuk menjadi pondasi pembangunan berkelanjutan yang seimbang. Pendidikan akan menciptakan kesetaraan gender baik dari status sosial maupun di lingkungan geografi, pendidikan juga akan mengurangi pengangguran untuk anak bangsa, karena dengan adanya pendidikan akan memberikan pengetahuan kepada nak bangsa untuk membangun inovasi apa kedepannnya. Terpenuhinya tujuan SDGs pada poin ke-8 yaitu tentang pendidikan berkelanjutan untuk meningkatkan generasi emas yang berkualitas dan mempunyai daya saing yang kuat untuk menciptakan peluang yang besar untuk indonesia.Pencapaian SDGs sebagai landasan dalam pendidikan memiliki beberapa kategoriyang perlu diketahui yaitu :1. Pendidikan untuk Pengentasan KemiskinanDapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan alat yang sangat ampuhuntuk mengentaskan kemiskinan, karena pendidikan memberikan kesempatanuntuk anak bangsa untuk belajar banyak pengetahuan dan terampil dalam bidangapapun. Sehingga kedepannya anak bangsa mampu bersaing menghadapitantangan global yang akan terjadi kedepannya. Bahkan dizaman sekarang banyak anak muda yang berkemampuan menggunakan teknologi dengan memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan uang untuk membantu pendapatan keluarga. Pendidikan bahkan membuka peluang wirausaha, dengan kemampuan yang dimilikinya dalam menjalankan usaha tentunya akan membantu meningkatkan perekonomian pada akhirnya akan dapat mengatasi kemiskinan di masyarakat. Jadi pendidikan merupakan sarana ilmu pengetahuan yang dapat memberikan pencapaian yang luarbiasa untuk anak muda agar dapat membantu perekonomian keluarga agar keluar dari lingkaran kemiskinan. Bahkan di zaman sekarang banyak anak muda yang memiliki ide kreatif dan berinovasi untuk mencari penghasilan contohnya menjadi pengusaha diusia muda, dan ada juga yangmendapatkan penghasilan dari penggunaan media sosial seperti, pemanfaatan Whatsapp , instagram, dan Facebook untuk jualan online. 2. Pendidikan dan Kesetaraan GenderPendidikan sebagai sarana mempromosikan kesetaraan gender, yaitudengan memastikan bahwa laki-laki maupun perempuan memiliki hak dan akses yang sama dalam memperoleh pendidikan. Di zaman dahulu pendidikan hanya diperbolehkan untuk laki-laki sedangkan perempuan tidak diperbolehkan untuk mendapatkan pendidikan. Tapi di zaman sekarang baik itu laki-laki maupunperempuan mempunyai hak yang setara dalam memperoleh pendidikan. Pendidikan memberikan perempuan solusi untuk mengatasi deskriminasi, mengejar karir yang diinginkan, dan mengambil keputusan yang mempengaruhikehidupan mereka. Pendidikan untuk perempuan adalah solusi untuk mengatasipernikahan dini, dan meningkatkan kesehatan imun anak, jadi terbukti bahwapendidikan dapat menurunkan angka pernikahan dini pada anak dalam kelompok masyarakat. Dulu perempuan tidak dianjurkan untuk bekerja karena menurutnya suami dapat memenuhi penghasilan mereka tapi terkadang belum tentu penghasilan suami tercukupi. Tapi di zaman sekarang banyak perempuan bekerja untuk menambah penghasilan keluarga dan memenuhi kebutuhannya, serta banyak perempuan yang mengejar karir untuk masa depannya. Dulunyaperempuan tidak boleh berpolitik tapi di zaman sekarang banyak perempuan yangberkontribusi dalam berpolitik. 3. Pendidikan dan kesehatan yang baikPendidikan berkualitas memiliki dampak posistif terhadap kesehatan. Karena orang terdidik lebih menyadari bahwa menjaga kesehatan itu penting baikitu dari menjaga pola makan, kebersihan maupun aktivitas fisik. Pendidikanbahkan melahirkan banyak ilmu pengetahuan untuk pencegahan penyakit, bahkan banyak anak bangsa yang memanfaatkan pengetahuan yang mereka miliki untuk menciptakan teknologi yang bermanfaat untuk kesehatan masyarakat. Bahkan sekolah menjadi sarana penting untuk pendidikan kesehatan dan vaksinasi, yang dapat membantu kesehatan masyarakat secara keseluruhan. 4. Pendidikan dan Pemberdayaan SDMSarana yang paling efektif untuk memberdayakan sumber daya manusiaadalah pendidikan, pendidikan melalui kurikulum yang relevan dan inovatifsebagai sarana pembelajaran yang menarik. Dengan ini siswa dapat memperoleh keterampilan yang dibutuhkan pasar kerja modern, seperti literasi digital, berpikir kritis dalam pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan mampu beradaptasidengan banyak orang di seluruh dunia. Lulusan yang terdidik akan memilikipeluang besar untuk pekerjaan yang layak dan memperoleh penghasilan yangmencukupi. 5. Pendidikan dan Inovasi TeknologiTeknologi merupakan landasan untuk pembangunan berkelanjutan. Dengan memasukan ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika. Pada zaman sekarang teknologi sudah terbilang sangat canggih, bahkan teknologi dimanfaatkan institusi pemerintah untuk pendidikan seperti pemakaian smartphone digunakan anak-anak untuk pembelajaran online, komunikasi jarak jauh, dan menelusuri informasi berbagai belahan dunia.